Rabu, 24 Juli 2024

Sandy Walsh Tak Kuasa Tahan Tangis Saat Nyanyikan Indonesia Raya

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Sandy Walsh (paling kiri) dan Jordy Amat (paling kanan) resmi jadi WNI. (Foto: CNN Indonesia)

Jakarta (Riaunews.com) – Pemain naturalisasi Sandy Walsh mengalami momen emosional ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya pada saat menjalani prosesi sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Sandy merupakan pemain kelahiran Belgia yang sudah sejak lama ingin menjadi bagian Timnas Indonesia. Tahun demi tahun berganti, Sandy akhirnya disahkan sebagai WNI pada 17 November 2022.

“Terima kasih banyak, saya masih berbicara sedikit bahasa Indonesia. Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk semua orang yang datang ke sini. Ini adalah hari yang spesial bagi keluarga saya, kakek dan nenek saya tentu akan bangga. Saya sudah menantikan momen ini selama bertahun-tahun,” kata Sandy.

“Cinta saya untuk Indonesia akan selalu ada. Terima kasih banyak untuk kalian semua. Bahagia bisa menjadi WNI dan menyanyikan Indonesia raya adalah momen yang indah, saya sampai mengusap mata saya karena menangis. Terima kasih banyak. Merdeka,” sambungnya usai menjalani prosesi sumpah WNI di Jakarta.

Sandy yang lahir di Brussel, Belgia, pernah pula membela timnas Belanda di level kelompok umur.

Garis keturunan Indonesia di darah Sandy mengalir dari kakek dan neneknya. Diketahui kakek Sandy dari sang ibu berasal dari Surabaya dan nenek dari ibu berasal dari Purworejo.

Dalam beberapa kesempatan, Sandy memamerkan hubungan yang erat dengan Indonesia di media sosial. Di antaranya adalah menggunakan pelindung kaki dengan warna merah putih, hingga menggunakan bahasa Indonesia.

Sandy menjalani karier profesional di Belgia. Saat ini Sandy bermain di klub KV Mechelen. Sebelumnya, pemain 27 tahun itu berkostum Genk dan Zulte Waregem.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong merekomendasikan Sandy memperkuat skuad Merah Putih.

Sandy kerap beroperasi sebagai bek kanan, namun memiliki kemampuan menjadi bek tengah dan wing back kanan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *