Senin, 8 Agustus 2022

Sejarah, Indonesia Rebut Emas Basket SEA Games dengan Menundukkan Filipina

Tim putra bola basket Indonesia catatkan sejarah untuk pertama kalinya raih medali emas dalam SEA Games Vietnam 2022 usai mengalahkan Filipina. (Foto: Liputan6)

Hanoi (Riaunews.com) – Timnas basket putra Indonesia menciptakan sejarah dengan meraih medali emas untuk kali pertama sepanjang sejarah di SEA Games 2021 (2022).

Indonesia memastikan medali emas itu usai mengalahkan Filipina pada laga terakhir pertandingan dengan format round robin di Thanh Tri Gynmasium, Ahad(22/5/2022) sore WIB. Indonesia menang 85-81 Filipina.

Indonesia berhasil meraih medali emas karena menempati posisi puncak babak grup yang menggunakan sistem round robin dengan torehan 12 poin. Tim Merah Putih mengungguli Filipina yang menempati posisi kedua dengan 11 poin.

Hasil ini membuat Indonesia untuk pertama kali merebut medali emas sepanjang partisipasi di ajang SEA Games. Sebelumnya prestasi terbaik Indonesia yaitu empat kali meraih medali perak dan tiga medali perunggu.

Pertandingan penentuan perebutan medali emas berlangsung ketat sejak kuarter pertama. Timnas Indonesia yang dimotori Brandon Jawato unggul 18-14 atas Filipina di kuarter pertama.

Mesin Filipina yang berstatus raja basket Asia Tenggara mulai panas di kuarter kedua. Filipina yang diarsiteki Chot Reyes meraih 18 poin dan hanya tertinggal empat poin, 32-36 dari Indonesia.

Di kuarter ketiga, Filipina bahkan bisa unggul tipis 28-27 dalam perolehan poin kontra Jawato dan kawan-kawan. Alhasil skor pertandingan semakin ketat dengan Indonesia unggul 63-60.

Memasuki kuarter penentuan, pemain naturalisasi Marques Bolden menjadi sosok pembeda untuk Indonesia. Pemain yang pernah tampil di NBA itu berhasil membantu Indonesia mempertahankan keunggulan dengan skor akhir 85-81.

Bolden berhasil 18 poin melawan Filipina di pertandingan ini. Ia juga membukukan 10 rebound, 3 assist, dan 2 blok.***

Tinggalkan Balasan