Rabu, 17 Juli 2024

Sekum Muhammadiyah Sayangkan Gibran Absen Dialog Publik

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof Abdul Mu’ti.

Surabaya (Riaunews.com) – Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengatakan pihaknya menyayangkan ketidakhadiran calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam Dialog Muhammadiyah di Surabaya, Jumat (24/11/2023).

Gibran semestinya mendampingi capres Prabowo Subianto untuk hadir pada Dialog Publik Muhammadiyah Bersama Calon Pemimpin Bangsa, di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS).

“Eman-eman sebenarnya, kami sebenarnya sangat menyayangkan tapi itu semua sudah kami berikan kesempatan,” kata Mu’ti usai acara tersebut.

Mu’ti yang bertindak sebagai moderator dalam dialog itu juga menyebut pihaknya sudah beberapa kali menjadwalkan ulang bahkan memindah lokasi acara, sebelum diselenggarakan pada hari ini.

“Sudah kami berikan ruang bahkan jadwal pun kami sepakati untuk kami sesuaikan, tapi kalau sudah tidak datang it’s beyond our authority, sudah di luar otoritas kami,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mu’ti menyebut Muhammadiyah juga bakal kesulitan bila akan mengundang Gibran pada kemudian hari lantaran waktu sudah mendekati masa kampanye.

“Sekarang kan sudah masa mendekati kampanye dan kalau mengundang beliau tentu sudah tidak leluasa bagi Muhammadiyah karena sudah di bawah koordinasi dan di bawah pengawasan dari Bawaslu dan KPU,” ucapnya.

“Kalau toh misalnya Mas Gibran akan berdialog dengan Muhammadiyah kami akan harus komunikasi dengan KPU sebagai penyelenggara pemilu, kalau sekarang memang belum masa kampanye jadi kami menyelenggarakan dialog publik ini di kampus sebagai bagian dari dialog dan kajian ilmiah atas visi misi yang ditawarkan,” katanya.

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto meminta maaf karena wakilnya Gibran Rakabuming Raka tak bisa hadir dalam Dialog Publik Muhammadiyah Bersama Calon Pemimpin Bangsa.

Prabowo mengatakan Gibran harus menghadiri acara PP Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Mojokerto, Jawa Timur.

“Hari ini saya minta maaf Gibran Rakabuming Raka tidak bisa hadir karena justru ada acara lain yang bersamaan waktunya, di Jatim juga, tapi yang menyelenggarakan adalah NU,” kata Prabowo disambut tawa audiens, disambut tawa audiens di Audiotorium At-Tauhid Tower UMS.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *