Kamis, 24 Oktober 2024

Shin Tae Yong Sebut Wasit Bahrain vs Indonesia Memalukan

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong. (Foto: Dok. PSSI)

Manama (Riaunews.com) – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (STY) menyebut kepemimpinan wasit asal Oman Ahmed Al Kaf memalukan dengan sejumlah keputusan kontroversial yang menguntungkan tuan rumah Bahrain.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Bahrain berakhir dramatis dengan skor 2-2 pada laga lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis (10/10/2024) malam.

Dilansir CNN Indonesia, usai pertandingan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong secara tegas menilai laga melawan Bahrain memalukan dengan keputusan wasit yang kontroversial.

“Kedua tim Bahrain dan Indonesia melakukan yang terbaik sampai wasit meniup peluit pada menit terakhir, tapi tetap saya harus menyebutkan tentang hal yang Anda tahu, [yakni] beberapa hal yang memalukan. Dalam hal ini keputusan wasit, jadi kalau AFC mau berkembang dan keputusan wasit juga harus diperbaiki,” ucap Shin Tae Yong dalam konferensi pers usai pertandingan dikutip dari Youtube PSSI, Jumat (11/10) dini hari WIB.

“Jika ada yang baru saja menonton pertandingan ini dan mungkin kalian pasti mengerti, kalian tahu kenapa pemain kami marah. Anda tahu menit tambahan waktu itu enam menit, itu lebih dari sembilan menit. Keputusan wasit semua bias. Ketika kami menghalau pemain Bahrain, Anda tahu ini akan terjadi tendangan bebas. Jadi saya pikir semua orang tahu, Anda tahu mengapa pemain kami marah di sana,” ucap SHin Tae Yong menambahkan.

Pada laga ini Bahrain mampu unggul 1-0 pada menit ke-15 lewat tendangan bebas jarak jauh Mohamed Marhoon.

Tendangan Marhoon dari jarak cukup jauh mampu mengarah ke mistar gawang Indonesia lalu bola jatuh ke dalam garis gawang Indonesia, hingga membuat Maarten Paes mati langkah.

Pada menit ke-45+3, Timnas Indonesia berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 lewat gol Ragnar Oratmangoen usai meneruskan umpan Mees Hilgers.

Kemudian pada menit ke-74 Timnas Indonesia berhasil berbalik unggul 2-1 lewat gol indah Rafael Struick lewat tembakan melengkung dari luar kotak penalti yang membuat kiper Bahrain mati langkah.

Berawal dari pergerakan Marselino Ferdinan kemudian mengirimkan umpan pada Thom Haye. Haye memberikan umpan kepada Rafael Struick dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang menjadi gol.

Sayangnya, kemenangan Indonesia di depan mata sirna setelah Bahrain mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-90+9.

Bahrain mampu mencetak gol penyeimbang 2-2 melalui sontekan Mohamed Marhoon, meskipun waktu sudah melewati masa tambahan yang seharusnya hanya enam menit.

Para pemain Indonesia salah satunya Shayne Pattynama dan ofisial tim termasuk Shin Tae Yong pun sempat melakukan protes kepada wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf.

Bahkan, manajer Timnas Indonesia Sumardji mendapatkan kartu merah dari wasit gara-gara protes keras.

Setelah pertandingan Shayne Pattynama juga tampak terlibat keributan dengan kubu Bahrain hingga harus dilerai oleh rekan-rekannya.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *