Minggu, 3 Juli 2022

Tito Lantik 5 Penjabat Gubernur Hari Ini

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Jakarta (Riaunews.com) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian direncanakan akan melantik lima penjabat (pj) gubernur untuk lima provinsi yang pada hari ini, Kamis (12/5/2022).

Berdasarkan sumber CNNIndonesia.com, ada lima provinsi yang telah ditunjuk penjabat gubernur oleh pemerintah pusat untuk dilantik besok. Lima wilayah itu adalah provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Papua Barat.

Sebagai informasi, gubernur definitif di lima wilayah itu masa jabatannya akan berakhir pada 12 Mei 2022. Sebagai penggantinya, pemerintah menunjuk penjabat gubernur hingga digelarnya Pilkada serentak 2024 mendatang.

“Benar [Bangka Belitung, Banten, Sulbar, Gorontalo dan Papua Barat]. Karena masa jabatannya habis 12 Mei,” kata sumber tersebut kepada CNNIndonesia.com, Rabu (11/5).

Meski demikian, sumber itu enggan untuk membeberkan siapa saja nama-nama lima penjabat gubernur yang akan dilantik Tito esok.

Terpisah, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono memastikan pelantikan penjabat gubernur yang digelar besok akan dipimpin Tito selaku Mendagri, bukan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“[Dilantik] oleh Mendagri,” kata Heru.

Sebagai informasi, baru satu nama yang menguat yang akan dilantik sebagai penjabat gubernur. Yakni Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar sebagai Penjabat Gubernur Banten.

Penunjukan penjabat gubernur di sejumlah daerah ini dilakukan agar tidak terjadi kekosongan kekuasaan. Presiden Joko Widodo sebelumnya telah meminta jajaran menterinya agar menyiapkan penjabat pengganti gubernur, bupati, dan wali kota yang masa jabatannya habis pada 2022.

Jokowi mengatakan pada tahun ini terdapat 101 pengganti kepala daerah yang mesti disiapkan dengan rincian 7 gubernur, 76 bupati, dan 18 wali kota.

Tinggalkan Balasan