Selasa, 23 Juli 2024

Wapres Ma’uf Amin Peringatkan Zulkifli Hasan: Jangan Lakukan Cocokologi Politik dengan Ibadah

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Ma'ruf Amin
Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Jakarta (Riaunews.com) – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin turut merespon perkataan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan terkait dengan kaum muslim yang enggan mengucapkan kata amin saat melakukan ibadah salat.

Orang nomor dua di Indonesia itu pun mengatakan agar tidak melakukan cocokologi dengan kegiatan ibadah, sebab hal tersebut merupakan tindakan kekanak-kanakan.

“Ya, jangan kayak anak-anak lah. Urusan Amin itu kan tidak berarti [mendukung] capres tetapi kan dari dulu sudah ada. Kalau imam bilang gairil-magdubi’alaihim wa lad-dallin ya harus dijawab amin,” ujarnya saat ditemui di Istana Wapres, Rabu (20/12/2023).

Wapres Ke-13 RI itu pun mengatakan bahwa jawaban tersebut tidak dapat diganti, sebab membaca amin setelah imam membacakan Surah Al-Fatihah dalam salat hukumnya sunah.

Untuk diketahui, kata Amin dikeraskan dalam sholat jahr dan dilunakan dalam sholat sirr. Makmum mengeraskan bacaan amin mengikuti imam, sedangkan kata amin sendiri berarti ‘perkenankanlah, Ya Allah’.

Oleh sebab itu, Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu mengingatkan agar tidak lagi politisi memainkan hal-hal yang memiliki ranah keagamaan seperti itu.

“Jadi ya harus amin, apa diganti? Ya gak mungkin, semua orang tahu itu, diganti qobul. Jadi saya kira itu tidak usah kita soalkan. Kadang [politisi] seperti kanak-kanak,” imbuhnya.

Ma’ruf pun mengimbau agar ke depan dalam kampanye pemilihan umum (pemilu) ke depan tak ada lagi narasi serupa yang dibawa oleh politisi sehingga pesta politik bisa berjalan dengan lebih baik.

“Jangan alergi terhadap masalah yang sebenarnya [maksudnya] ya bukan untuk itu kan, amin itu bukan untuk calon [presiden], tetapi menjawab ucapan orang salat ya mesti amin. ya ngomongnya apa? iman apa dibalik begitu? Ya harus tetap amin. Saya kira supaya tidak menjadi isu,” pungkas Ma’ruf.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) melakukan blunder terkait leluconnya yang menyangkut gerakan sholat, Prabowo dan lawan politiknya dalam Pilpres 2024 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

Zulkifli Hasan yang hadir sebagai pembicara dalam rapat kerja nasional Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) melontarkan lelucon yang menyinggung gerakan salat hingga pembacaan Al-Fatihah. Hal itu dibalas dengan gelak tawa dari para anggota yang hadir.

Adapun lelucon yang Zulkifli sebutkan adalah terkait pengucapan kata amin setelah pembacaan surat Al-Fatihah selesai dalam setiap rakaat salat. Menurutnya banyak kaum muslim yang yang enggan mengucapkan kata amin karena merujuk pada Capres dan Cawapres no. urut 1 yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

“Kalo sholat Maghrib baca Al-Fatihah Walad Dhollin ada yang diam sekarang Pak, saking cintanya sama Pak Prabowo itu,” klaim Zulhas yang juga menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN). Sebagaimana diketahui, PAN adalah salah satu partai pengusung capres dan cawapres Prabowo dan Gibran.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *