Jumat, 25 Oktober 2024

Mitsubishi Mulai Buat Mesin Xpander di Indonesia

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander

Jakarta (Riaunews.com) – Salah satu mini bus yang saat ini menjadi penantang utama Avanza dari Toyota, yakni Mitsubishi Xpander, kini mesinnya mulai diproduksi di Indonesia.

Hal ini terungkap setelah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), mengumumkan bahwa per Selasa (22/12/2020) ini, mereka mulai memproduksi mesin Mitsubishi Xpander.

Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan rasio kandungan lokal Xpander menjadi sekitar 80 persen. Harapannya tentu saja akan memperbesar manfaat ekonomi bagi rantai pasokan lokal.

“Lokalisasi pembuatan mesin Mitsubishi Xpander merupakan pemenuhan komitmen PT MMKI untuk memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia. Kami akan terus berupaya untuk turut berpartisipasi dalam menggerakkan ekonomi di Indonesia,” jelas Shinji Matsumura, Presiden Direktur PT MMKI, dalam keterangan tertulisnya.

Dengan tersedianya fasilitas tambahan di PT MMKI ini, maka produksi mesin Mitsubishi Xpander per tahun akan mencapai 160.000 unit. Sementara pada akhir Tahun Fiskal 2019, kapasitas produksi MMKI secara keseluruhan telah ditingkatkan menjadi 220.000 unit per tahun. Dan pada tahun fiskal sebelumnya, kapasitas produksi MMKI adalah 160.000 unit per tahun.

Peningkatan rasio kandungan lokal ini dilakukan, karena Indonesia termasuk di kawasan ASEAN yang menjadi growth driver (pendorong pertumbuhan) dalam Rencana Jangka Menengah Mitsubishi Motors. Sehingga, peran PT MMKI sangat signifikan sebagai pabrik induk dari Mitsubishi Xpander dan mesinnya.

“Dengan dimulainya produksi mesin Mitsubishi Xpander, kami berharap dapat memperkuat bisnis produksi dengan meningkatkan daya saing dan mempergunakan fasilitas produksi secara efektif,” tukas Shinji Matsumura.

Sebelum diproduksi sendiri oleh PT MMKI, mesin Mitsubishi Xpander didatangkan langsung dari Jepang. Lokalisasi tidak hanya menguntungkan bagi pasar Indonesia, namun pasar ekspor juga.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *