Sabtu, 26 Oktober 2024

Israel Umumkan Serangan Balasan ke Iran Selesai dan Misi Terpenuhi

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Pesawat tempur israel menjatuhkan rudal.

Tel Aviv (Riaunews.com) – Militer Israel mengungkapkan serangan kepada Iran pada Sabtu (26/10/2024) telah selesai. Mereka mengklaim serangan yang dilakukan sejak dini hari tersebut telah “tepat dan terarah” terhadap kamp militer Iran.

“Serangan balasan telah selesai dan misi telah terpenuhi,” kata Pasukan Pertahanan Israel dalam sebuah pernyataan. seperti diberitakan CNN. “Pesawat kami telah kembali ke rumah dengan selamat.”

Angkatan Udara Israel menyerang “fasilitas pembuatan rudal” yang katanya digunakan untuk memproduksi rudal yang ditembakkan Iran ke Israel selama setahun terakhir.

Baca Juga: Israel Mulai Serangan ke Iran, AS Mengaku Tak Ambil Bagian

Tak hanya itu, serangan udara militer Israel juga menyerang “susunan rudal permukaan-ke-udara dan kemampuan udara Iran tambahan, yang dimaksudkan untuk membatasi kebebasan operasi udara Israel di Iran.”

Hal tersebut disampaikan setelah Israel serang Iran pada Sabtu (26/10) dini hari waktu setempat dengan jet tempur. Tujuh ledakan terdengar di Theran dan Karaj hingga membuat banyak warga terbangun karena hal tersebut.

Serangan itu merupakan balasan terhadap Iran yang telah direncanakan dari awal untuk menyasar kamp-kamp militer.

Sumber militer Israel sebelumnya mengungkapkan sasaran pembalasan Israel terhadap Iran tidak termasuk infrastruktur energi.

Ia mengatakan serangan terhadap Iran pada 26 Oktober 100 persen dilakukan oleh Israel, tetapi masih ada “kerja sama yang mendalam” dengan Amerika Serikat, termasuk dalam pertahanan udara.

Jangan Lewatkan: Iran Klaim Suara Ledakan di Teheran Berasal dari Operasi Pertahanan Udara

Sementara itu, sumber dari AS mengatakan Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris telah menerima laporan dari Israel sebelum serangan ke kamp militer Iran terjadi.

Terpisah, Iran disebut siap membalas serangan Israel pada Sabtu (26/10) dini hari waktu setempat. Kesiapan tersebut disampaikan sumber informasi yang mengetahui rencana ini melalui pemberitaan kantor berita Iran.

Kantor Berita semi-resmi Tasnim yang berafiliasi dengan Garda Revolusi, seperti dikutip dari Al Jazeera, memberitakan bahwa sumber tersebut mengatakan “tidak diragukan lagi” Israel akan “menerima balasan yang sepadan terhadap tindakan apa pun.”***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *