Kamis, 24 Oktober 2024

Edy Mulyadi Laporkan Akun Fufufafa ke Polisi atas Dugaan Ujaran Kebencian

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Edy Mulyadi. (Foto: iRadio)

Jakarta (Riaunews.com) – Kasus akun Kaskus Fufufafa tampaknya belum akan berakhir, meski Gibran Rakabuming Raka yang diduga sebagai pemilik akun tersebut akan dilantik sebagai Wakil Presiden RI pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Kali ini yang mengangkat kasus tersebut adalah Edy Mulyadi.

Pegiat media sosial tersebut melaporkan akun Fufufafa dengan tindak pidana ujaran kebencian dan penistaan agama ke Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, pada Selasa (8/10/2024).

“Kita sebagai warga negara yang baik yang katanya negara hukum, maka kita minta polisi untuk memproses hal ini, karena postingan-postingan dia menunjukkan ujaran kebencian yang bertubi-tubi,” ucap Edy di Bareskrim Polri pada Selasa (8/10/2024), dilansir Tempo.

Edy mengungkapkan beberapa bukti yang akan digunakan yakni postingan Fufufafa saat mengomentari salah satu akun Kaskus yang mengkritik Jokowi. Edy menyatakan akun tersebut mengomentari presiden Jokowi saat membeli sebuah motor seharga 140 juta.

“Si akun itu mengatakan bahwa sebagai pemimpin seharusnya memberikan contoh transportasi yang ramah lingkungan, dan si Fufufafa membela di bawahnya, ‘maksud lo naik onta, kayak juragan lo’,” ucap Edy.

Menurut Edy, ‘kayak junjunan lo’ walaupun tidak menyebut nama siapa pun tapi diketahui junjunan ini diasosiasikan dengan nama Nabi Muhammad SAW. Karenanya, ia dan tim pengacara menggolongkannya sebagai penistaan agama sebagaimana pasal 156A yang ancaman hukumannya enam tahun penjara.

“Itu ada beberapa pasal yang akan kita laporkan yaitu Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang nomor 1 tahun 2024 dan Pasal 45A ayat (2) UU nomor 1 tahun 2024. Lalu ada penistaan agamanya, yaitu pasal 156A,” ucapnya.

Edy juga sempat menyinggung kasus Roy Suryo yang dilaporkan oleh Pasukan Bawah Tanah Jokowi pada Jumat, 27 September 2024. Edi meyakini bahwa perkataan Roy Suryo itu bukan kebohongan.

“Para netizen menemukan bahwa nomor telepon dan nomor akun apa sih nama, rekening, itu Gibran.Ketika netizen rame-rame melakukan top-up untuk OPPO, untuk GO-PAY, segala macam itu Gibran,” jelasnya.

Sebelumnya, putra sulung Jokowi sekaligus wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka disebut-sebut sebagai pemilik akun Kaskus Fufufafa tersebut. Akun ini dikenal sering melontarkan komentar tajam yang menyerang Prabowo Subianto dan keluarganya. Selain itu, akun ini juga banyak menuliskan kata-kata yang bernada rasis dan tidak senonoh. ***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *