Senin, 15 Juli 2024

Mulai Juli 2024 Sejumlah Menteri Pindah ke IKN

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Gedung kantor pemerintah yang dibangun Kementerian PUPR di IKN Nusantara. (Foto: PUPR)

Jakarta (Riaunews.com) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas menyebut sejumlah menteri di kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mulai pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli 2024.

Salah satu menteri yang akan pindah adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Mulanya, Azwar mengatakan sebenarnya rencana awal pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke IKN dilakukan pada Juli 2024. Namun harus diundur hingga September 2024 karena persoalan ketersediaan tempat tinggal.

“Pemindahan tadinya Juli akan pindah ke IKN. Maka Juli sebagian menteri ada yang pindah, termasuk Pak Basuki,” jelas dia dalam konferensi pers di Press Room Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Rabu (17/4).

Azwar mengatakan apartemen di IKN akan digunakan untuk persiapan upacara 17 Agustus. Maka itu, tempat tinggal belum bisa digunakan untuk para abdi negara.

“Maka kami mendapatkan arahan dari istana bahwa pemindahan bertahap. Tetapi ASN akan mulai pindah setelah Agustus,” tuturnya.

“Karena upacara akan dipakai oleh seluruh peserta upacara di IKN dan itu memerlukan apartemen penginapan yang cukup banyak. Sehingga pemindahan tahap pertama ini setelah Agustus. Insya Allah September pemindahan,” lanjutnya.

Azwar menjelaskan pemindahan itu melihat penapisan kelembagaan dan ketersediaan hunian. Pada tahap pertama, setidaknya 11.916 ASN pada 38 kementerian atau lembaga (K/L) akan dipindahkan. Sementara sebanyak 179 pejabat eselon 1 atau JPT madya juga disertakan.***

Sumber: CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *