Kamis, 29 Februari 2024

5 Pengganti Gula Alami yang Aman untuk Kesehatan

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
(Foto: Pavel Danilyuk/pexels.com)

Riaunews.com – Gula merupakan bahan makanan yang bisa digunakan di hampir semua jenis masakan. Rasa manis dari gula memberikan cita rasa yang nikmat pada makanan dan minuman. Sayangnya, gula dapat menjadi pemicu penyakit jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Karena alasan itulah, sekarang banyak orang mulai beralih ke pengganti gula alami.

Seperti diketahui bahwa gula bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Tidak hanya penyakit diabetes, gula juga menjadi penyebab penyakit jantung, ginjal, kanker hingga gigi berlubang. Konsumsi gula yang melebihi batas juga dapat menyebabkan obesitas serta mempercepat proses penuaan.

5 Pengganti Gula Alami yang Aman untuk Kesehatan

Banyak orang salah memilih pengganti gula karena asal memilih yang manis. Masalahnya, tidak semua pengganti gula itu alami dan justru termasuk pemanis buatan. Jika dikonsumsi terus menerus, pemanis buatan juga dapat menyebabkan penyakit seperti jantung dan hipertensi.

Anda bisa memilih pemanis tambahan yang alami, seperti yang berasal dari tanaman. Dengan tetap memberikan rasa manis, pemanis alami juga rendah kalori bahkan beberapa tidak mengandung kalori sama sekali. Inilah pengganti gula alami yang aman untuk kesehatan namun tetap bisa membuat makanan dan minuman terasa nikmat.

(Foto: Getty)

1. Madu

Madu dapat digunakan sebagai alternatif pengganti gula yang lebih sehat. Konsumsi madu tidak menyebabkan gula darah langsung meningkat. Madu juga kaya akan polifenol, yaitu zat yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko kanker.

Anda perlu berhati-hati dalam menambahkan madu pada makanan atau minuman. Pasalnya, madu mengandung 21 kalori per 1 sendok makan. Jadi Anda harus memastikan jumlah madu yang dikonsumsi tidak melebihi batas kalori agar tetap aman bagi kesehatan.

 

(Foto: Getty)

2. Kurma

Rasa manis dari buah kurma menjadikannya sebagai makanan favorit terutama saat Ramadan. Tidak hanya karena rasa manisnya, kurma sering dipilih menjadi makanan buka puasa karena mengandung banyak nutrisi penting.

Dalam satu butir kurma mengandung 23 kalori sehingga Anda tidak perlu lagi menambahkan pemanis lain saat mengkonsumsinya. Meski kalorinya tergolong tinggi, kurma tidak langsung mempengaruhi kadar gula darah.

 

(Foto: Getty)

3. Stevia

Nama stevia sebagai pengganti gula sudah cukup dikenal. Stevia merupakan pemanis yang diekstraksi dari daun tanaman Stevia rebaudiana. Rasa manis tanaman tersebut berasal dari senyawa stevioside dan rebaudioside A.

Rasa manis stevia tidak menyebabkan lonjakan gula darah. Karena itulah, pemanis alami ini sering dipilih penderita diabetes sebagai pengganti gula. Menariknya lagi, stevia tidak mengandung kalori sama sekali sehingga cocok untuk program diet.

 

(Foto: Getty)

4. Xylitol

Xylitol termasuk pengganti gula yang alami dan aman untuk kesehatan karena berasal dari buah-buahan atau sayuran, seperti stroberi, rasberi, atau kembang kol. Kalorinya cukup rendah, yaitu hanya 2,4 kalori per 1 gram.

Rasa manis xylitol sangat mirip dengan gula pasir. Namun tentu saja lebih sehat karena tidak menyebabkan kerusakan pada gigi, tidak mempengaruhi kadar gula dan fungsi hormon insulin. Sebaiknya xylitol tidak dikonsumsi berlebihan karena menyebabkan perut kembung.

 

(Foto: Getty)

5. Sirup Maple

Rekomendasi pemanis alami lainnya adalah sirup maple yang terbuat dari getah pohon maple. Tekstur kental dan warna sirup ini sangat mirip dengan madu. Sirup maple cocok ditambahkan pada minuman atau kue. Kandungan mineral penting pada sirup maple bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan otak.

Itulah pilihan pengganti gula alami yang lebih aman untuk kesehatan. Anda bisa mendapatkannya di Blibli dengan cara belanja yang lebih mudah, cepat dan praktis. Jangan lewatkan pula kesempatan mendapatkan penawaran menarik dari Blibli, mulai dari diskon, cashback dan gratis ongkos kirim setiap hari.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *