Senin, 15 Juli 2024

Pemerintah Indonesia Kecam Keras Israel Jadikan RS Indonesia Markas Militer

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Rumah Sakit Indonesia di Gaza rusak akibat serangan Israel, dan saat ini negara zionis tersebut menjadikan rumah sakit tersebut sebagai markas militer mereka.

Surabaya (Riaunews.com) – Pemerintah Indonesia melakukan protes keras dan mengecam tindakan Israel yang menjadikan Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza sebagai markas militer mereka.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan pemerintah sudah melayangkan protes tersebut ke pihak Israel.

“Pemerintah sih sangat protes, tidak menyukai. Karena apa? Karena itu kan untuk fasilitas pelayanan kepada masyarakat,” kata Ma’ruf di Unesa, Surabaya, Sabtu (23/12/2023).

Ma’ruf bahkan menyebut tindakan Israel tidak beretika. Israel saat ini telah menjadikan RSI sebagai markas.

“Rumah sakit kok dirampas. Mestinya rumah sakit itu dibiarkan melayani korban-korban itu, jangan jadi markas tentara. Itu sudah melanggar aturan,” sambung dia.

Ketua Presidium MER-C Sarbini Abdul Murad menyampaikan kabar direbutnya RSI pada Kamis (21/12). Namun, tidak diketahui detail kapan pastinya Israel merebut RSI.

“Iya sekarang jadi markas IDF (Militer Israel),” ucap Sarbini.

MER-C merupakan inisiator pendirian RSI di Gaza, Beberapa relawan MER-C bahkan sempat memilih tetap berada di RSI ketika Israel mulai operasi militer ke Gaza.

RSI terletak dekat dengan kamp pengungsi Jabalia di Gaza. Israel berulang kali menargetkan serangan ke RSI.

Serangan ke RSI dilakukan lantaran Israel menuding terdapat pusat komando dan pengendalian Hamas di bawah gedung rumah sakit. Klaim Israel disampaikan pada 5 November lalu.

Pihak Hamas serta MER-C membantah tuduhan Israel. Sedangkan Kemlu RI mengecam keras serangan terhadap RSI.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *