Kamis, 2 Mei 2024

Suhartoyo Dipilih Jadi Ketua MK Gantikan Anwar Usman

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Suhartoyo dipilih jadi Ketua Mahkamah Konstitusi.

Jakarta (Riaunews.com) – Mahkamah Konstitusi (MK) kini menjadi ketua baru setelah sebelumnya Anwar Usman dicopot dari jabatan tersebut oleh Majelis Kehormatan MK, pada Selasa (7/11/2023).

Suhartoyo dipilih melalui mekanisme musyawarah mufakat, yang dilaksanakan pada Kamis (9/11/2023) siang tadi.

“Menyepakati Ketua Mahkamah Konstitusi terpilih yang mulia Bapak Dr Suhartoyo,” kata Wakil Ketua MK Saldi Isra di Gedung MK, Jakarta Pusat.

Pemilihan Ketua MK ini dihadiri sembilan hakim. Mereka adalah Saldi Isra, Arief Hidayat, Wahiduddin Adams, Suhartoyo, Manahan MP Sitompul, Enny Nurbaningsih, Daniel Yusmic Pancastaki Foekh, Anwar Usman, dan Guntur Hamzah.

Para hakim melakukan rapat permusyawaratan hakim di lantai 16 Gedung MK sejak Kamis pagi. Dari RPH itu sempat mengerucut dua nama, yakni Saldi Isra dan Suhartoyo.

Dua nama ini dipersilakan melakukan rapat berdua. Sementara 7 hakim lainnya meninggalkan lokasi. Kemudian hasilnya dilaporkan dan semua sepakat untuk Suhartoyo.

Sebelumnya, Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) menyatakan Anwar Usman terbukti melakukan pelanggaran kode etik kategori berat. MKMK memberikan sanksi pemberhentian Anwar dari posisinya sebagai Ketua MK.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *