Kamis, 18 Juli 2024

Bantu Korban Banjir Riau, LAZnas PHR Buka Dapur Umum dan Posko Kesehatan

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 

Pekanbaru (Riaunews.com) – Karyawan Muslim Rokan Indonesia bergerak memberikan bantuan sosial terkait banjir yang terjadi di Riau. LAZnas PHR membuat dapur umum dan posko kesehatan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Direktur LAZnas PHR Agus Saepul Dahlan menyampaikan bahwa bantuan diberikan di beberapa kecamatan, yakni di Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Rumbai Barat, Kota Pekanbaru. Tak hanya di Kota Pekanbaru, LAZnas PHR juga memberikan bantuan di Kecamatan Rantau Kopar, Rohil yang mulai dilakukan pada Jumat (12/1/2024).

Untuk Kecamatan Rumbai dan Rumbai Barat, bantuan yang diberikan di antaranya, Survival kit, Makanan siap saji, beras, telur, minyak goreng, garam dan makanan instan. Tak hanya itu, pada Sabtu (13/1), LAZnas kembali menyalurkan bantuan berupa penyediaan air minum dan air bersih serta bahan pokok seperti hari sebelumnya. Hal tersebut di jelaskan oleh Very Rosnedy selaku Direktur LAZnas PHR South Area.

“Titik lokasi yang kami validasi untuk bantuan ini berada di empat titik di Kecamatan Rumbai dan Rumbai Barat dengan total jumlah korban yang terdampak banjir sekitar 3.000 jiwa,” kata Very.

Very menambahkan, Laznas PHR melakukan tindaklanjut aksi bantuan yakni dengan membuka dapur umum yang berkolaborasi dengan organisasi Sahabat Cinta Umat. LAZnas PHR juga membuka posko kesehatan yang bermitra dengan Rumah Sakit Lancang Kuning untuk pemeriksaan kesehatan para korban terdampak banjir.

“Kami juga melakukan suplai air bersih dari Tirta Siak melalui BPBD dan Dinas PU Kota Pekanbaru, serta melakukan pendataan dan validasi lokasi tambahan terdampak banjir di beberapa titik. Dan, sejak Jumat (12/1) lalu, kami sudah standby layanan ambulance di Jalan Yos Sudarso, Rumbai untuk kebutuhan yang mendesak,” kata Very.

Sementara itu, untuk Kecamatan Rantau Kopar di Rohil, menurut Direktur LAZnas PHR North Area Guntur Gantara, LAZnas PHR memberikan bantuan dengan menyediakan air minum dan air bersih serta bahan pokok, di antaranya beras, minyak goreng, ikan kaleng (sarden), sayur mayur, telur, mi instan, gula dan teh. Selain itu juga membuka layanan pengobatan gratis bersama Klinik Ibadurrahman.

“LAZnas juga membuka dapur umum di Rantau Kopar. Semoga bantuan yang kami berikan, yang merupakan ikhtiar dari para pekerja PHR ini bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir. Dan semoga banjir segera surut masyarakat bisa kembali ke kediaman masing-masing dengan rasa aman dan nyaman,” ujar Guntur.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *