Senin, 6 Mei 2024

Ahmad Dhani Pilih Hengkang dari LMK WAMI karena Dinilai Tak Transparan Soal Royalti

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Ahmad Dhani

Jakarta (Riaunews.com) – Musisi Ahmad Dhani mengumumkan dirinya hengkang dari Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) Wahana Musik Indonesia (WAMI) yang selama ini mengurus royalti dari karya-karyanya karena masalah transparansi.

LMK WAMI merupakan satu dari LMK besar yang berdiri di Indonesia dan mengelola penarikan dan distribusi royalti dari karya-karya banyak musisi lokal.

Dilansir CNN Indonesia, Dhani mengakui bahwa dirinya rutin mendapatkan royalti dari WAMI, tapi ia tak tahu asal royalti atau rincian penggunaan musik-musiknya.

“Saya dibayar oleh WAMI misalnya setahun Rp100 juta, tetapi saya enggak tahu Rp100 juta ini dari mana,” kata Dhani dalam konferensi pers di daerah Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (18/3/2022) petang.

“Bisa saja Rp1 miliar atau Rp50 juta, kita enggak tahu karena setiap pembayaran enggak ada rinciannya,” lanjutnya.

Selain itu, Dhani mengaku mengalami satu kejadian yang membulatkan tekadnya hengkang dari salah satu LMK yang terkoordinasi dengan LMKN tersebut.

Dhani sempat kesal saat salah satu televisi mengundang personel Dewa, seperti Andra Ramadhan, Once, dan Ari Lasso, tapi dirinya tak diundang.

Apalagi, dalam acara tersebut, mereka menyanyikan lagu-lagu yang merupakan ciptaannya.

Stasiun televisi yang mengadakan acara itu kemudian diketahui membayar royalti ke WAMI yang saat itu masih menaungi Ahmad Dhani.

Ketika musisi 49 tahun tersebut meminta kejelasan dari WAMI soal acara itu, Dhani mengaku tidak mendapatkan jawaban solutif.

“Saya sudah bicarakan sebenarnya ini gimana, tetapi WAMI tidak punya mekanisme untuk menagih ke Reza Artamevia, Judika, Ari Lasso misalnya,” kata Dhani.

“WAMI tidak punya mekanisme itu. Enggak ada solusi karena semuanya pro-rata pembayarannya,” lanjutnya.

Setelah memutuskan keluar dari WAMI, Dhani akan mengirim surat bagi seluruh stasiun televisi bahwa royalti lagu ciptaannya tidak lagi dikelola LMK tersebut.

Oleh karena itu, kata Dhani, setiap televisi maupun penyelenggara acara harus berurusan langsung dengannya jika mengundang penyanyi yang akan membawakan lagunya, termasuk Once dan Ari Lasso.

“Kalau tidak, urusannya dengan hukum karena lagu saya adalah sekarang milik saya 100 persen,” ujar Ahmad Dhani.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *