Jumat, 3 Mei 2024

Said Aqil Siradj Berharap Ganjar Pranowo Lanjutkan Konsep Islam Nusantara Jika Jadi Presiden

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Bacapres Ganjar Pranowo saat sowan ke Said Aqil Siradj. (Foto: Kumparan)

Jakarta (Riaunews.com) – Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj berharap Ganjar Pranowo untuk melanjutkan konsep Islam Nusantara, yakni Islam yang berbasis budaya.

Hal tersebut dilontar Said Aqil Siradj ketika menerima Ganjar yang sowan ke pondok pesantren miliknya, yakni Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Kamis (5/10/2023) malam.

“Yah ide saya tentang Islam Nusantara, kalau Pak Ganjar sudah jadi presiden, teruskan, kalau bisa diekspor ke luar negeri. Salah satunya jalan adalah bagaimana Islam menyatu dengan budaya, bahkan budaya jadi fondasi Islam, islam yang ramah,” kata Said Aqil.

“Di Timur Tengah, kalau hanya Islam yang meninggalkan budaya tegang, konflik, bahkan perang saudara,” imbuh dia.

Di sisi lain, Ganjar mengakui ia meminta masukan kepada Said Aqil soal sosok cawapres dalam pertemuan tersebut. Namun tak hanya soal cawapres, Ganjar menyambut baik pesan-pesan yang disampaikan Said Aqil.

“Saya tidak hanya minta soal cawapres. Soal bernegara, kita bisa cerita Islam Nusantara tadi karena itu sangat ideologis dan jauh lebih penting dari sifatnya yang pragmatis,” ujar ganjar.

“Dan beliau bercerita sejarah Islam di Indonesia serta tokoh-tokohnya, akan kita munculi, mesti kekeh untuk mempertahankan. Kalau bahasa lain, punya kepribadian dan kebudayaan,” kata dia.

“Beliau ceritakan beginilah harusnya yang ada di Indonesia. Itu jauh lebih penting,” tandasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *